Rabu, 23 Maret 2016

PENGARUH HANDPHONE DIKALANGAN PESERTA DIDIK

Dizaman yang modrn ini sipa yang tidak mengenal handphone,baik dari model yang biasa maupun yang luar biasa bahkan dengan harga diluar batas saja masih keinginan untuk membeli guna mengikuti tren masa kini penggunaan hanphone pun tidak hanya dari kalanga atas kalangan bawah pun menggunakannya baik usia dini yang tidak seharusnya belum mengenal handphone tak jarang pula penggunaan handphone ini digunakan oleh kalangan tua dengan berbagai merek handphone bahkan merelakan kebutuhan yang seharusnya terdahulu dipenuhi guna memiliki handphone, tidak ada salahnya Zaman kekinian handphone semakin canggih karena zaman terdahulu pun orang-orang sudah mengenal handphone hanya saja sekarang berbagai pengeluaran terbaru sehinggga menarik keinginan untuk membelinya yang salah itu bagaimana penggunaannya yang seharusnya dan siapa yang menggunakan banyak orang tua menjadi kebanggaan bahwa anaknya bisa menggunakan handphone yang canggih untuk mengikuti tren bahkan handphone yang merupakan kebutuhan sekunder menjadi kebutuhan primer tidak jarang kita melihat orang tua yang melarang anaknya memegang handphone kecuali dengan keperluan mendadak, begitupun memikirkan apa dampak yang akan ditimbulkan ketika anaknya memegang handphone malah kebanyakan yang mendukung dengan alasanya  agar anaknya tidak ketinggalan Zaman tapi tidak pernah berpikir dampak apa yang akan ditimbulkan ketika anaknya menggunakan handphone sekalipun handphone yang biasa maupun yang bermerek terhadap peserta didik
Penggunaan handphone memang tidak salah tapi bagaimana penggunaannya bisa bermanfaat digunakan seperlunya saja karena ketika mengggunakan handphone hanya karna mengikuti tren ataupun melakukan hal-hal tidak bermanfaat akan besar dampak nya yang langsung bisa dirasakan oleh pengguna handphone itu sendiri karena ada unsure ketagihan yang sulit dihilangkan kecuali dengan keinginan sendri kalo  penggunaan handphone dilakukan dengan semanfaat mungkin tidak apa malah akan membawa manfaat besar bagi pengguna handphone tetapi apabila sebaliknya akan menyebabkan   menghambatnya  perkembangan anak. sehingga mengganggu terhadap kegiatan pembelajaran dalam arti mempunyai handphone dengan berbagai macam aplikasi terutama Game akan menumbuhkan kemalsaan anak untuk membagi waktunya dalam belajar karena saking asiknya bermain game yang merupakan tantangan tersendiri baginya itulaah sebabnya perkembangan anak akan terhambat maupun terganggu bahkan dalm belajarpun ketika handphonenya berbunyi maka akan menganggu konsentrasi anak tersebut,  rawannya tindakan kejahatan dalam arti ketika peserta didik membwa handphone dengan model canggih yang kemudian dibuka di tempat umum otomastis akan mengundang keinginan orang untuk merampok,   memengaruhi sikap dan perilaku.
 Dengan fitur canggih yang bisa saling mengirim dan menerima file gambar maupun video Rasa ingin tahu yang tinggi terhadap informasi yang baru, terutama yang berbau “porno”. Selain itu, situs internet yang berbau porno bisa diakses oleh siapa saja tanpa terkecuali termasuk peserta didik, akan mempengaruhi terhadap sikap dan perilakunya, sehingga dimungkinkan anak akan berkembang menjadi “dewasa” sebelum waktunya hal inilah yang akan merusak moral anak karena penggunaan handphone tidak sesuai dengan kegunaannya
Oleh karenanya hal+ ini peran seorang guru sangat dibutuhkan untuk mengarahkan,membimbing,memberikan informasi ang akan membawa peserta didiknya kejalan yang benar tidak terjerumus pada hal-hal negative walaupun perkembangan zaman terus berjalan tapi tidak ada salahnya untuk mensaring mana yang pantas maupun yang tidak pantas dilakukan dengan perkembangan zaman yang semakin cangih dalam arti harus bisa menjaga diri,menjaga pergaulan agar moral peserta didik maupun anak bangsa tidak rusak hanya karena perkembagan handphone yang semakin canggih tidk hanya peran guru,peran keluarga juga penting dalam mendidik anaknya sebagai pesertadidik bagaimana mnjadi dan melakukan hal-hal yang bermanfaat agar menjadi pesertadidik yang baik berbudi pekerti serta cerdas. 

Daftar rujukan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar