Rabu, 30 Maret 2016

GURU SEBAGAI AKTOR DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN SISWA DALAM PENDIDIKAN BERKARAKTER



Sekolah adalah tempat terjadinya proses pendidikan, pengajaran dan pelatihan. Sebagai pendidik, pengajar dan pelatih guru diharapkan mampu membina anak didik  menjadi manusia seutuhnya. Manusia menjadi manusia seutuhnya apabila dimanusiakan dengan cara ­­cara manusia. Ungkapan ini diharapkan mampu membantu para guru untuk melatih, mengajar anak didik dengan cara terdidik. Sekolah adalah tempat yang tepat untuk menguwujudkan semua itu. Sekolah seharusnya menjadi tempat yang di senangi anak didik untuk menyalurkan seluruh minat, bakat dan kemampuannya.
Tapi banyak siswa yang mengeluh kesah dan merasa bosan dengan situasi disekolah sehingga memunculkan sikap dan tindakan yang tidak sesuai dengan Nilai-nilai pancasila hal ini yang menjadi probel bagi pendidikan bagaimana menumbuhkan sikap dan tindakan siswa serta mengarahkannya,yang menjadi permasalahan sudahkah  Guru berperan penting  sebagai  Aktor dalam meningkatkan disiplin dalam mencapai pendidikan yang berkarakter dengan kita melihat sikap dan siswa berprilaku  tidak sesuai dengan apa yang diajarkan

Berkaitan dengan Guru sebagai Aktor meningkatkan sikap disiplin untuk mencapai pendidikan yang berkarakter sangatlah berperan penting karena Guru merupakan orang tua siswa ketika siswa berada disekolah dan apa yang diajarkan oleh Guru maka tentu siswa akan mengikutinya akan tetapi kita melihat realitanya banyak factor yang mempengaruhi sikap dan tindakan siswa baik dari factor internal siswa maupun eksternal siswa sehingga kerap kita dengar banyak siswa yang terjerumus pada sex maupun pergaulan bebas  hal inilah bagaimana Guru sebagai actor dalam  Mendisplinkan siswa merupakan  tindakan merubah kebiasaan lama yang lebih baik. Hal ini bukanlah pekerjaan yang mudah tetapi membutuhkan kerja keras. Sulit berarti bukanlah berarti tidak bisa dirubah melainkan harus berani untuk memulai menjadi kebiasaan baik.


Memulai kebiasaan baik harus dibarengi dengan niat baik dan kuat supaya menghasilkan hasil yang lebih maksimal untuk mndisiplinkan siswanya guru harus memulai dari mendisiplinkan dirinya terdahulu sehingga dapat mengajarkan siswanya dalam disiplin hal ini bukan tanggungjawab terletak pada gurunya saja tapi bagaimana ada kaloborasi atau kerjasama bersama antara guru dan siswa untuk meningkatkan kedisiplinan siswa  dalam mencapai pendidikan berkarakter dengan kerjasama ini terjalinnya suatu komuikasi antara siswa dan guru sebagai contoh teladan generasi mendatang
Dengan ini Guru sebagai actor dalam meningkatkan kedisiplinan siswa sangat berperan penting bagaiamana adanya terjalin kerjasama antara guru dan siswa sehingga memudahkan guru dalam meningkatkan kedisiplinan siswa dan lebih mudah mengetahui apa yang melatarbelakangi siswa tidak disiplin melalui terjalinnya komunikasi antara guru dan siswa.


Daftar Rujukan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar